Rahasia Archive File High Compres Tutorial Lengkap dengan Gambar

Di sini saya mau membagikan tips dan trik bagaimana cara membuat file high kompres mungkin sudah banyak yang tahu ya apa itu file high kompres, yakni cara mengecilkan ukuran file dengan kapasitas ukuran dari Giga ke Mb setelah file tersebut dikompres besar filenya bisa turun drastis mencapai ukuran 50% saja dari total file aslinya bahkan saya punya file dengan rasio pengecilan yang sangat ekstrim sekali dari total ukuran file aslinya. Coba perhatikan contoh file yang saya koleksi di bawah ini


Perhatikan gambar yang saya lingkari, menujukkan kapasitas file hanya sebesar 3.98 mb saja. Kemudian coba saya ekstrak isi dari file rar.


Perhatikan tanda lingkaran warna merah, mantap bukan total file aslinya sebesar 2.38 giga. Jujur saya heran kok bisa ya file yang sangat besar bisa dikecilkan jadi segitu.

Kenapa saya membuat posting web saya dengan judul seperti itu mungkin ini tips yang jadul kali ya saya mohon maaf karena selama saya mencari tutorial di google belum ada bukti otentik dan tutorial lengkap tentang cara tersebut dengan hasil yang sesuai dan tepat, secara pribadi saya juga penasaran gimana ya caranya klo kiranya file game koleksi saya yang ukurannya besar dijadikan kecil semua jadi kan enak ngg terlalu memakan storage di hardisk, dan mungkin banyak dari pembaca menginginkan hal yang demikian. Dari situ saya mencoba mencari petunjuk lewat google apa gerangan rahasia file yang diarchive menjadi file rar sehingga menjadi kecil seperti itu, dan yup setelah saya ketik keyword di google ternyata banyak sekali posting yang membahas tips dan trik archive file agar ukurannya bisa menjadi lebih kecil



Mulailah saya bereksperimen, saya coba mengikuti tutorial dari link kesatu kemudian lanjut link kedua sampai puluhan link saya buka ternyata banyak juga yang isinya sama alias cuma copy paste dari link tetangga tanpa mencantumkan sumber dan eksperimen yang jelas. Banyak juga tips-tips yang saya dapat dari blog/website, video youtube baik lokal maupun luar negeri yang langsung saya praktekkan baik dengan menggunakan software KGB, winzip, 7zip, winrar, ultra compress dan teman-temannya (jujur saja semua software yang saya download langsung saya install semua, jadinya ya semua software pada bejubel gitu di desktop. Mungkin saya orangnya terlalu ambisius kali ya hehehehe), ternyata hasilnya gagal semua, penurunan ukuran file tidak sesuai dengan yang saya inginkan. Tapi saya tidak berkecil hati mungkin dari kegagalan itu saya harus lebih jeli lagi dalam menggunakan advance fitur yang disediakan dari berbagai jenis software tersebut, setelah saya coba kembali satu persatu tetap saja hasilnya belum maksimal palingan mentok cuma bisa turun puluhan mb saja dari file aslinya.

Kemudian saya berfikir kembali, kenapa ya dari sekian banyak tutorial kok banyak yang memakai software winrar dan selama ini saya juga telah memakai software tersebut tapi ya hasil dari archive file masih saja tetap ngg berbeda jauh dari ukuran file aslinya. Saya coba kembali buka winrar, coba otak-atik lagi dan syukurlah ternyata ketemu juga caranya walhasil ukuran file bisa turun lumayan banyak bisa mencapai ratusan mb lo.... Biar ngg mengundang penasaran saya coba kasi tutorialnya, sekarang coba buka aplikasi winrar kalian dan silahkan coba tutorial saya di bawah ini

Pertama buka aplikasi winrar, kemudian pilih menu "Option" kemudian "Setting"  lalu pilih tab "Compression" seperti yang saya lingkari merah :




Kemudian pilih "Create default"



Setelah terbuka jendela baru :
  1. Pada kolom "Archive format" pilih "RAR5". Kenapa "RAR5" karena menurut om Wiki format tersebut memiliki kemampuan kecepatan dan mengecilkan ukuran file jauh lebih baik daripada format "RAR" maupun "ZIP" itu salah satunya.
  2. Pada kolom "Compression method" pilih "Best". Semakin bagus metode kompres maka semakin kecil kemungkinan kerusakan file akibat pemampatan.
  3. Pada kolom "Dictionary size" pilih "128". Kenapa saya memilih 128 tidak 256, ram pada laptop yang saya gunakan 4 giga tapi hanya mampu terbaca 3 giga saja di windows 7 32bit, jadi klo saya pilih 256 percuma saja karena akan terjadi over proses atau ram ngos-ngosan hehehehe resiko file damage atau system error. 
  4. Pada kolom "Archiving Option" pilih "Create solid archive". Gunakan ini untuk kompres 2 file atau lebih, tujuannya adalah agar pemampatan file-filenya lebih solid atau padat, satu file pun mau dicentang juga monggo bagus juga.


"Trik utama yang paling penting" : semakin besar ram dan prosesor yang kalian pakai, dan semakin besar pilihan "Dictionary size" pada tutorial nomer 3 maka kemampuan pemampatan file akan semakin tinggi alias ukuran file yang kalian archive akan jauh lebih kecil. Usahakan ketika sedang archive file tidak membuka aplikasi lain karena akan memakan banyak sekali ram kalian.

Sekarang saya akan coba berikan bukti sampai seberapa ampuh setting winrar yang saya gunakan di atas dalam memampatkan ukuran file hingga ratusan Mb. Saya coba kompres 2 file game ( file installer + data ) lihat gambar di bawah ini, ukuran file saya lingkari merah.






























Proses archive :


















Hasil akhir sangat memuaskan, ukuran file mampu diperkecil hingga 400 Mb lebih, jika ram yang saya pakai lebih besar hasilnya pun pasti akan lebih kecil lagi seperti koleksi file yang saya contohkan di atas, file tersebut adalah hasil download bukan hasil archive pribadi.




Note : untuk winrar versi yang lama masih belum mendukung fitur Archive Format RAR 5 dan fitur Divtionary Size, jika masih ada yang memakai versi lama silahkan diupgrade dengan versi yang terbaru. Versi yang terbaru bisa di download di sini.

download[4]
Winrar 3.51 32bit Stable


download[4]
Winrar 3.51 64bit Stable


download[4]
Winrar 5.40 32bit Beta 1


download[4]
Winrar 5.40 64bit Beta 1



Jika kalian penasaran silahkan langsung dicoba sendiri dengan mengikuti tutorial tersebut, apabila ada yang kurang paham maupun trik terbaru silahkan gunakan kolom komentar. Untuk tutorial yang menarik selanjutnya masih tetap dalam pembahasan seputar aplikasi winrar yakni "Cara Menghapus Password Rar Tanpa Menggunakan Aplikasi Apapun" akan saya bahas pada posting selanjutnya.

Selalu ikuti kabar dan info menarik lainnya hanya di www.yunisiklil.top.