Cara melihat password yang tersimpan di Firefox anda


firefox
Firefox
 Pada posting kali ini saya akan memberikan tips bagaiman caranya mengetahui password yang tersimpan pada aplikasi Mozilla Firefox anda.

Mozilla Firefox sebenarnya telah dilengkapi dengan fitur yang dapat menyimpan nama pengguna dan kata sandi yang diinput oleh pengguna saat login di layanan tertentu, 

Dengan catatan pengguna memutuskan untuk menyimpan kata sandi tersebut.

Fitur ini berguna jika suatu saat Anda kehilangan kata sandi atau nama pengguna, namun di sisi lain juga sangat beresiko karena dengan kemampuan yang tersembunyi program jahat dapat menyusup dan mencuri data yang disimpan tanpa terdeteksi.

Apabila Anda ternyata menghadapi salah satu kendala yaitu lupa kata sandi, alih-alih mereset kata sandi yang merepotkan, cara yang satu ini mungkin bisa jadi salah satu opsi pilihan terbaik untuk anda.

Jalankan program Mozilla Firefox Anda kemudian klik menu Tools – Options. Anda bisa menemukan menu ini pada toolbar atau menu yang terletak pada pojok atas sebelah kiri dari browser firefox Anda.

pop up

Ketika Anda telah melakukan langkah pertama maka akan muncul jendela PopUp.

Pada bagian ini klik menu tab Security kemudian klik Saved passwords.

window security

Pada langkah selanjutnya, Anda akan dapat melihat sederet data alamat situs, nama pengguna dan juga kata sandi yang digunakan untuk masing-masing situs.

Jika ingin melihat kata sandi setiap situs klik tombol Show Passwords.

window security

Jika mungkin Anda terlalu sulit untuk mengingat kata sandi yang tersimpan, disediakan fitur yang lebih memudahkan Anda untuk melakukan peng-copi-an.

Caranya klik kanan pada salah satu data dan gunakan menu Copy Username atau Copy Password.

window security

Selain itu, Anda bisa menghapus salah satu maupun seluruh data yang tersimpan jika khawatir program jahat dapat menyalah gunakan privasi Anda.

Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, mungkin sebagian dari anda baru mengetahui dari tips yang saya bagikan ini. 

Alangkah baiknya jika anda membackup password anda terlebih dahulu, kemudian setelah anda backup anda hapus semua password yang tersimpan pada aplikasi Mozilla Firefox anda untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Semoga tips sederhana ini dapat bermanfaat untuk anda, jika anda pertanyaan maupun saran harap mencantumkan pada kolom komentar. Selamat mencoba dan semoga berhasil.