CARA MENGEMBALIKAN FILE TERFORMAT/TERHAPUS DENGAN TOOL GRATIS POWERFULL RECUVA 1.53.1087


Hai sobat blogger, kali ini saya akan mengutip tentang salah satu aplikasi yang biasa saya pakai untuk mengembalikan atau recovery data.

Sering kali data-data baik yang tersimpan di flashdisk, memory card (sd card), maupun hardisk masih kita butuhkan walaupun data tersebuth sudah tersimpan sangat lama sekali.

Nah, jika yang dihadapi permasalahannya adalah data tersebut hilang entah karena terhapus baik secara sengaja maupun tidak sengaja, ataupun drive penyimpanan terformat pasti hal tersebut akan membuat kepala kita pusing 7 keliling.

Sedikit cerita singkat, pernah saya dihubungi oleh seseorang yang bekerja di bidang proyek pembangunan jalan raya, portal jalan provinsi, konstruksi jembatan.

Pokoknya tender-tender besar dan pastinya berhubungan dengan yang namanya perputaran dana-dana yang ngg sedikit ya.

Pertemuan kami pun sebenarnya karena ketidak sengajaan, alias kita bertemu di warkop ketika saya membahas masalah repair komputer tiba-tiba orang tersebut teringat bahwa dia kehilangan data karena flashdisknya ngg sengaja keformat dan menanyakan kepada saya kira-kira bisa apa tidak data tersebut dikembalikan.

Saya waktu itu spontan saja mengatakan bisa, karena pengalaman saya sebelumnya pernah recovery data dari kartu memory (sd card) yang tidak sengaja terhapus dari handphone ternyata datanya masih bisa dikembalikan walaupun tidak 100% data itu bisa kembali selamat (utuh).

Biasanya untuk file-file berformat JPG, JPEG, maupun PNG sebagaian ada yang untuh dan sebagaian ada yang hanya tinggal setengah saja (klo istilah saya corrupt) tampilan gambarnya.

Back to point kenapa saya tiba-tiba mengatakan "bisa" setelah ditanya oleh orang tersebut, disitulah PeDe  and begonya saya. 

Padahal saya belum pernah recovery data dari drive yang sudah terformat ??? eng ing eng...

Keyakinan saya sih cuma apapun masalah tentang dunia komputer dan internet yang selama ini saya hadapi pasti menemukan jalan keluarnya berbekal keyakinan dan tekat insya'allah bisa menemukan solusi.

Tapi waktu itu karena terlalu banyaknya kesibukan job diluar permintaan tolong orang tersebut tidak langsung saya iya kan, saya usahakan bantu tapi waktunya tidak sekarang.

Eit....eits....jangan-jangan cuma buat alesan aja kali ya biar bisa ngeles, bilang aja klo ngg bisa dari awal kan enak hehehe... 

Ya ngg lah, kita udah bertukar nomer hp kok supaya nanti klo saya sudah ada waktu dan masalahnya belum terselesaikan bisa saya usahakan bantu juga.

Waktu itu sementara saya suruh cari jasa recovery lain atas rekomendasi teman saya dan disarankan untuk menghubungi beberapa orang yang katanya sanggup untuk membantu.

Setelah berselang beberapa waktu mungkin sekitar 2 mingguan lah orangnya tiba-tiba menghubungi saya lewat WA sambil menanyakan saya masih sibuk apa tidak.

Awalnya saya kira mungkin mau minta tolong suruh install komputer atau mungkin nambah aplikasi PC dan tidak terpikir sama sekali masalah recovery data, soalnya kan sudah lama jadi mungkin masalahnya sudah terselesaikan.

Tapi oh tapi.... ternyata masalah kehilangan data tersebut belum terselesaikan lo sob oh my godnes.....padahal udah 2 mingguan. Ya sudah ngg ada alesan lagi buat bantuin dan memang kesibukan di luar sudah berkurang.

Besoknya saya datang ke kantor orang tersebut, jujur dalam hati masing bingung nih gimana caranya ya buat ngembaliin data yang udah diformat ??? udah lama pula....

Pertama datang saya langsung bertanya-tanya macam dokter sedang diagnosa pasiennya gitu lah cie...cie... berlagak sok-sok an profesional hihi

Tapi beneran sob sumpah rada-rada galau gimana gitu macem orang punya hutang lagi tanggal tua udah ditagih hehe

Nah ternyata memang selama ini orang tersebut udah usaha kesana kemari dan sudah menghubungi beberapa orang, mereka rata-rata mengatakan data tersebut kemungkinan besar udah ngg bisa dikembalikan lagi. Bahkan jasa recovery dari Surabaya yang udah sekelas expert pun mengatakan keputusan yang sama "IMPOSSIBLE".

Saya sih ngg begitu aja percaya sebelum saya mencobanya sendiri, masa belum perang udah menyerah duluan trus kapan ilmunya bisa nambah klo ngg mencobanya terlebih dahulu.

Let's to point how to recovery data, berikut langkah-langkah yang saya praktekkan :

- Pertama ya install dulu lah aplikasinya, dan aplikasi yang saat ini release terbaru yakni versi 1.53.1087 yang bisa sobat download pada link di bawah ini


cara 1
Langkah recovery 1

cara 2
Langkah recovery 2

cara 3
Langkah recovery 3

- Langkah kedua, saya memilih file berjenis doc. karena file tersebutlah yang ingin direcovery klo kalian ingin mengembalikan file lainnya silahkan pilih spesifikasi file yang ingin kalian recovery, bisa pilih file musik, gambar, dokumen, video atau kalian pilih all files jika ingin mengembalikan semua file (tapi membutuhkan waktu yang agak lama biasanya tergantuk kecepatan prosesor komputer kalian)

cara 4
Langkah recovery 4

- Langkah ketiga, pilih dimana file tersebut terakhir kali disimpan atau terhapus, jika kalian ragu atau tidak pasti alias lupa ya sudah pilih saja "i'm not sure" biar discan semua tuh drive.

cara 5
Langkah recovery 5

- Langkah keempat, langsung saja eksekusi scan file.

cara 6
Langkah recovery 6

- Langkah kelima, hasil scan pertama gagal : jika setelah selesai scan file yang dicari masih belum ketemu ulangi lagi hingga akhir step ketika akan klik "start" scan kalian centang dulu option "enable deep scan" fungsinya adalah agar pencariaan filenya lebih spesifik tapi waktunya lebih lama dan prosentase keberhasilannya lumayan besar.

cara 7
Langkah recovery 7

- Langkah terakhir, jika sudah menemukan file yang dicari klik file tersebut atau pilih semua lalu klik "Recover" di pojok kanan bawah kemudian pilih tempat dimana file recovery akan disimpan (usahakan meletakkan file di drive yang lain, misal drive yang direcovery adalah drive D: maka simpanlah di drive C: atau pilih desktop saja untuk memudahkan pencarian setelah recovery selesai)

cara 8
Langkah recovery 8

cara 9
Langkah recovery 9

Akhir cerita setelah step by step apa yang saya usahakan untuk membantu mengembalikan file orang tersebut ternyata benar-benar membuahkan hasil alias usaha saya ngg sia-sia.

Setelah file ketemu saya suruh cek data file tersebut alhamdulillah sesuai dengan yang diharapkan.

Makanya jika sobat sedang maupun pernah mengalami hal serupa janganlah mudah berputus asa, apa salahnya mencoba saya yakin suatu masalah itu pasti bisa dicarikan jalan keluarnya yang penting ada usaha dan niat.

Toh nanti juga sobat bisa mendapatkan ilmu baru yang bisa bermanfaat juga untuk orang lain. 

Perlu sobat ketahui juga untuk jasa recovery file itu harga jasanya lumayan mahal lo 

Waktu saya berhasil mengembalikan file itu aja jujur orangnya ngasi 200rb padahal saya cuma bilang seikhlasnya aja lawong hanya membutuhkan waktu ngg sampai setengah jam dan recovery cuma 1 file excel aja kan lumayan.

Semoga informasi dan pengelaman ini bisa bermanfaat untuk semua pembaca, jika ingin menyampaikan pertanyaan maupun masukan silahkan isikan di kolom komentar. 


Best Regard



Blogger Mania